Anggota DPR-RI Putih Sari Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Sumber Jaya

Iklan Semua Halaman

.

Anggota DPR-RI Putih Sari Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Sumber Jaya

Sku Metropolitan
Senin, 16 Maret 2020



BEKASI,METRO – Dihadapan ratusan undangan, anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia  (MPR-RI), Drg. Putih Sari menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia) di Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Senin , (16/3/2019).

‎Dalam sambutannya, drg. Putih Sari mengatakan empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia.

“Agar kehidupan bangsa Indonesia  semakin kukuh, hendaknya segenap komponen bangsa, disamping memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, yakni UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar drg. Putih Sari yang berasal dari Dapil VII Jawa Barat.

lebih lanjut wakil rakyat dari Partai Gerindra ini mengatakan, Pancasila sebagai ideologi bisa mengikat bangsa Indonesia yang demikian besar dan majemuk. Pancasila adalah konsesus nasional yang dapat diterima semua paham, golongan, dan kelompok masyarakat di Indonesia. Dalam posisinya, Pancasila merupakan sumber jati diri, kepribadian, moralitas, dan haluan keselamatan bangsa.

Dalam kesempatan itu, wanita yang juga Anggota komisi IX DPR RI,tersebut juga memberi pesan dalam memahami dan mensikapi persoalan-persoalan kebangsaan, tentang kebhinekaan, serta mengantisipasi adanya bibit-bibit yang mengancam kebhinekaan. 

“Apabila kita menyadari bahwa kunci dari kebhinekaan adalah bagaimana kita bertoleransi dan tenggang rasa. Bagaimana kita dapat menghargai sesama manusia, agama, suku dan lain-lain”, ujarnya.

Bhinneka Tunggal Ika, lanjut Dia, dalam kehidupan berbangsa dan negara harus menjadi anugrah yang harus terus dijaga. Jadi, generasi muda harus memahami betul empat pilar kebangsaan agar bisa benar-benar diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita tidak boleh membeda-bedakan. Meskipun berbeda agama, suku, dan ras, namun kita tetap satu dan bersaudara dalam konteks NKRI. Tidak boleh saling hujat. Jika itu terjadi di negara ini, bisa bubar. Apalagi tidak ada negara dengan kebhinekaan seperti di Indonesia. Karena itu, perbedaan harus tetap utuh dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara,” kata dia berharap.

Untuk itulah, Putih Sari merasa perlu warga khusus di Kabupaten Bekasi untuk membentengi dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa dalam bentuk sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang mencakup: Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Dengan kegiatan ini diharapkan remaja Indonesia akan semakin kuat dalam menghadapi tantangan jaman, serta teta terjaganya rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa.

"Untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan. Kegiatan sosialisasi ini nantinya diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat," ujarnya.

Sosialisasi ini dilandaskan pada cita-cita negara Indonesia dalam alinea IV UUD RI 1945. Salah satunya adalah untuk 'Mencerdaskan kehidupan bangsa', atas dasar itulah sosialisasi menjadi begitu penting. Karena melalui kegiatan ini dapat membentuk manusia Indonesia yang berkualitas, maju, unggul , berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi sebagai modal utama dalam pembangunan bangsa.

"Pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus selalu ditumbuh kembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat," tutur Putih Sari.

Sementara, Kepala Desa Sumber Jaya, Matam mengatakan, dengan diberikannya sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Sumber Jaya dan bisa di implementasikan di kehidupan sehari-hari. 

"Saya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Anggota DPR RI drg. Putih Sari yang telah memberikan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat kami, semoga bisa bermanfaat buat masyarakat," katanya.

Diketahui Sosialisasi empat pilar kebangsaan dihadir oleh Kepala Desa Sumber Jaya, tokoh masyarakat, serta ratusan warga dan para remaja putra dan putri. ( Martinus)