Earth Hour 202: Mari Matikan Lampu dan Tetap di Rumah

Iklan Semua Halaman

.

Earth Hour 202: Mari Matikan Lampu dan Tetap di Rumah

Sku Metropolitan
Sabtu, 28 Maret 2020


BANDUNG, METRO - Di tengah terpaan pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali mennyampaiakan, Earth Hour, untuk melindungi bumi  dari penggunaan energi yang berlebihan.

Melalui surat edaran nomor 671/SE.027-DLHK, Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta seluruh fasilitas perkantoran milik Pemkot Bandung mematikan lampu pada Sabtu (28/3/2020) pukul 20.30-21.20 WIB. Oded juga meminta direktur BUMN dan BUMD,Rektor perguruan tinggi, kepala sekolah, pimpinan perusahaan, serta pengelola perkantoran dan pusat perbelanjaan untuk melakukan hal yang sama.

Surat edaran tersebut dikeluarkan juga sebagai wujud komitmen bersama terhadap Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penghematan Energi dan Air, serta bentuk kontribusi dalam pengendalian dampak perubahan iklim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Kamalia Purbani, mengungkapkan, kampanye Earth Hour ini merupakan yang ke-10 kalinya sejak pertama kali dilaksanakan di Kota Bandung pada 2011. Di Tahun 2020 ini, DLHK ingin kembali menyadarkan masyarakat tentang pentingnya penghematan energi melalui Earth Hour khusunya di perkantoran dengan menerapkan Eco office.

"Tahun ini tidak ada acara kegiatan seremonial sesuai dengan kebijakan pimpinan terkait pencegahan penularan Covid-19, Tahun ini fokus kepada penghematan energi di perkantoran karena sesuai data hasil penelitian, perkantoran merupakan sektor yang terbesar menggunakan energi listrik," jelas Kamilia.

Kamalia menjelaskan, selama ini DLHK konsisten mengimbau kantor kantor di Kota Bandung untuk menerapkan eco office sebagai salah satu bentuk penghematan energi. Mulai dari sistem manajemen lingkungan kantor efiensiensi Energi, Konservasi air, pengelolaan sampah, kualitas udara di luar dan di dalam ruangan serta manajemen eco office dan berbagai aspek lainnya.

"Strategi utama kampanye tahun ini adalah memberi keteladanan bagi kantor-kantor di lingkungan Pemkot Bandung dalam program Eco Office. Kita juga akan memberikan penghargaan dalam bentuk piagam dari Wali Kota Bandung bagi Dinas/Instansi yang melaksanakan prinsip-prinsip eco office terbaik," jelas Kamilia.

Kamalia mengajak masyarakat Kota Bandung  untuk sadar bahwa energi  perlu  dihemat. Karena menurutnya sumber daya alam yang menjadi sumber energi sudah terbatas dalam pungkas pembicaraannya. (Supriyanto)