Hadapi Virus Covid-19, Forkopimda Bersama Stakeholder Kab. Bekasi Rapat Koordinasi

Iklan Semua Halaman

.

Hadapi Virus Covid-19, Forkopimda Bersama Stakeholder Kab. Bekasi Rapat Koordinasi

Sku Metropolitan
Senin, 16 Maret 2020


BEKASI, METRO - Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan S.I.K.,M.Si, menghadiri rapat kordinasi yang di gelar Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi membahas tentang penanggulangan penanganan virus covid-19 (corona) di Gedung Kominfosantik Kabupaten Bekasi, yang berada di komplek plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Sukamahi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/03/2020) siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Kegiatan yang di pimpin langsung Bupati Bekasi, Eka Supriatmaja di hadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kab.Bekasi, Dandim 0509 Kab.Bekasi Letkol Inf Ferri Sandhi Sitompul, Sekda Kab.Bekasi, Kemenag Kab.Bekasi, DPRD Kab.Bekasi, Dinas Kesehatan Kab.Bekasi, Camat jajaran dan staf Kab.Bekasi.

Selain itu, dalam rapat kordinasi kali ini, Kapolres Metro Bekasi juga di dampingi oleh Kabag Ops Polrestro Bekasi AKBP Y.S.Muryono, Kasat Intel Polrestro Bekasi AKBP Yudo, Kasub Bag Humas Polrestro Bekasi Kompol Sunardi serta Kapolsek Cikarang Pusat AKP Somantri.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan bahwa pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang tersebut, merupakan satu di antara beberapa agenda kerja yang disiapkan dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

"Kalau ada banyak orang dalam jarak yang rapat, ketika ada yang bersin dan batuk akan lebih berpotensi menularkan Covid-19. Oleh karena itu, untuk pencegahanya mari kita kurangi kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak,"kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan, Senin (16/03).
"Kalau kegiatan tersebut harus dilakukan, mari diikuti protokol kesehatan. Kita harus mengikuti sesuai jarak yang aman. Demikian juga dengan yang sakit harus memakai masker," tambah orang nomer satu dijajaran Kepolisian Metro Bekasi ini.

Menurut Kapolres, selesai rapat kordinasi ini, hasilnya harus memiliki agenda kerja sebagai panduan kerja berikutnya. Ini agenda besar yang tentu nanti dielaborasi dalam tindakan-tindakan yang lebih detail.
"Untuk agenda kerja lainnya, yakni peningkatan kapasitas penanganan penyakit di fasilitas kesehatan (rumah sakit) pemerintah dan swasta,"ujar Kapolres.

Tujuannya, masih menurut Kapolres, yakni mengupayakan rumah sakit memiliki kemampuan dan juga kompetensi untuk menangani dengan baik, bagi orang yang dalam pengawasan. "Jumlah kamar cukup, sarana kesehatan cukup, alat pelindung diri (APD) cukup, tenaga medis cukup, dengan SOP secara ketat," ucapnya.

Kapolres juga menegaskan untuk memastikan ketersediaan sarana pencegahan penularan penyakit antara lain masker, desinfektan, hand sanitizer, dan lain-lain.

"Ini sarana yang bisa mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19. Ini kami upayakan supaya tersedia di masyarakat sehingga masyarakat bisa mendapatkan," ujar dia.


Ia juga menambahkan, untuk peningkatan kapasitas deteksi dini dan pencegahan di pintu-pintu masuk dengan memperkuat jumlah dan kualitas sarana prasarana yang digunakan dan personel di pintu masuk yang bisa menjadi penyebaran Covid-19. Selain itu, terus tingkatkan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat.

"Dalam rakor ini telah menyepakati agar kepala daerah dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam pencegahan penularan Covid-19, misalnya dengan membuat video berdurasi pendek yang berisi informasi Covid-19 dan pencegahannya, serta penjelasan kepada masyarakat agar tidak panik,"tandasnya.(Ely/Martinus)

Baca Berita :
Antisipasi Potensi Penyebaran Virus, PMI Melakukan Penyemprotan Disinfektan
Bawa Cerulit Untuk Tawuran, Belasan Pelajar di Cibarusah Dimankan Jajaran Polres Metro Bekasi
Kapolres Metro Bekasi Kumpulkan Kepsek dan Pelajar Ajak Deklarasi Anti Tawuran
Tiga Orang Anak Babelan Tewas Tenggelam di Danau Resapan Perumahan
Kapolda Metro Jaya Puji Sinergitas Forkopimda Kabupaten Bekasi