Masih Ada Sekolah yang Belum Memasang Gambar Presiden dan Wakil Presiden

Iklan Semua Halaman

.

Masih Ada Sekolah yang Belum Memasang Gambar Presiden dan Wakil Presiden

Sku Metropolitan
Selasa, 17 Maret 2020


DEPOK, METRO- Presiden dan wakil Presiden Joko Widado dan Ma’ruf Amin
periode 2019-2024. Dilantik pada Tanggal 20 Oktober 2019, Beberapa sekolah di wilayah Kota Depok masih ada yang belum memasang gambar Prsiden dan Wakil Presiden di ruangan belajar.

Penelusuran dilapangan masih banyak sekolah Negeri maupun Swasta di Kota Depok yang belum memasang gambar Presiden dan Wapres  di ruang kelas. Bahkan, masih ada gambar wakil presiden yang lama yang masih terpasang, kendati wakil presidennya sudah hampir 6 bulan yang lalu berganti. Masih ada Kepala sekolah berdalih tidak cukup dana, karena masih banyak kepentingan yang lain yang harus didahulukan untuk biaya operasi sekolah.


Menyikapi hal itu Pemerhati pendidikan Kota Depok Hotler Situmorang ikut menanggapinya. Bagi sekolah yang tidak memasang gambar presiden dan wakil presiden di setiap ruangan kelas patut di pertanyakan. Karena hal itu merupakan kewajiban yang harus dipatuhi oleh sekolah, baik itu negeri ataupun swasta. Karena Presiden dan wakil presiden adalah merupakan kepala negera yang harus di hormati. Siapa lagi yang menghormati Kepala negara kalau bukan masyarakatnya sendiri, Ujar Situmorang dengan nada bertanya.

‘’Tidak ada alasan sekolah untuk tidak memasang poto presiden dan wakilnya disetiap sudut ruang kelas karena alasan angaran tidak ada. Karena angaran untuk  itu ada kok yang bisa diambil dari dana Biaya Operasi Sekolah ( BOS ). Tinggal di masukan saja ke Rencana  Kegiatan Anggaran Sekolah ( RKAS ) biar bisa di SPJ kan,’’ ujar Situmorang.

Menurutnya, hal itu tertuang di UU No 24 tahun 2009 tentang Pemasangan gambar Presiden dan Wapres di kantor - kantor pemerintahan.

 Kabid Pendidikan SMP Kota Depok Drs Mulyadi, ketika dikomfirmasi terkait hal ini sangat menyayangkan sekolah-sekolah yang belum memasang gambar presiden dan wapres. Ia mengatakan bahwa hal itu merupakan kewajiban sekolah untuk memasangnya bersamaan dengan lambang negara Garuda Pancasila  yang harus dipatuhi oleh sekolah. Tapi barangkali lupa, diingatin aja kepala sekolahnya, itu penting biar anak anak tau siapa presdennya dan wapresnya, ujar Mulyadi.

Sementara itu Kabid pendidikan SD Kota Depok Sada Sugianto, sangat kaget mendengar masih ada sekolah SD di Depok yang tidak memasang poto presiden di ruang-ruang kelas, apalagi masih ada  yang  memasang gambar wapres yang lama. Dia berjanji akan sidak kesekolah sekolah, dan apabila hal ini tidak di indahkan kami akan menegur kepala sekolahnya, pungkasnya.

Ketua K3S SD Kec Sukmajaya Arif Suryadi mengatakan, ketika di hubungi lewat WA terkait masih adanya SD Negeri dibawah kordinasinya di kecamatan Sukmajaya yang belum memasang gambar presiden dan wakil presiden diapun terheran heran. Arif mengatakan bahwa hal itu sudah sering diingatkan namun masih ada saja kepala sekolah yang membandal,  Ujar Arif.

Arif mengatakan akan segera membawa hal ini ke rapat kordinasi kepala sekolah di lingkungan Kecamatan Sukmajaya untuk bisa ditindaklanjuti dan menjadi perhatian. ( Jalampong )