Melalui E-Market Place, Bupati Bekasi Ingin Pelaku UMKM Lokal Miliki Daya Saing

Iklan Semua Halaman

.

Melalui E-Market Place, Bupati Bekasi Ingin Pelaku UMKM Lokal Miliki Daya Saing

Sku Metropolitan
Kamis, 05 Maret 2020

BEKASI, METRO - Untuk pemberdayaan dan meningkatkan serta pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Melalui Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) , Pemkab Bekasi mengadakan sosialisasi e-Market Place Pengadaan Barang dan Jasa, yang bertempat di Hotel Ayola, Lippo Cikarang, Cikarang Selatan, Kamis (5/3).

Kegiatan tersebut turut dihadiri  oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dilingkup Pemkab Bekasi, pelaku usaha UMKM, dan Bumdes di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang membuka kegiatan tersebut, mengatakan pengadaan Barang dan Jasa ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam kontribusi pelaksanaan pembangunan Nasional. Khususnya dalam peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian Nasional maupun Daerah.

“Pengadaan Barang dan Jasa ini, tentunya juga dapat meningkatkan peran usaha UMKM maupun Bumdes yang ada di Kabupaten Bekasi sendiri, serta untuk pembangunan berkelanjutan,” ucap Eka.
Lanjut Eka, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) memiliki tujuan untuk mendorong pengadaan barang/jasa Pemerintah agar memenuhi prinsip pengadaan yaitu, efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing dan akuntabel.

“Sebagai PPK, tentunya kita dituntut untuk selalu dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kemampuan dalam bidang barang/jasa Pemerintah, hal ini seiring dengan kebijakan dan regulasi yang telah ditetapkan,” jelas Bupati Bekasi.

Orang nomor satu di Kabupaten Bekasi ini berharap, UMKM dan Bumdes yang ada di Kabupaten Bekasi dapat diberdayakan. Dengan tujuan perekonomian yang ada di Kabupaten Bekasi dapat semakin berjalan.

“Sekarang ini, produksi UMKM dan Bumdes kita banyak, namun masih sulit bagi kita untuk memasarkannya. Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, tantangan tersebut bisa kita atasi bersama,” harap Bupati Bekasi.

Baca Berita :
Program e-catalog  Diharapkan Mampu Mengatasi Berbagai Kecurangan
Layanan Pengaduan Online, Pemkab Bekasi Resmi Meluncurkan 5 Aplikasi  

Diakhir, Bupati Bekasi pun mengajak semua unsur yang hadir untuk bersama-sama memiliki semangat guna mengadakan perubahan di Kabupaten Bekasi menjadi lebih baik.
Selain itu, Muhidin salah satu pelaku usaha Bumdes Segara Makmur Sejahtera, Kecamatan Tarumajaya mengatakan, adanya kegiatan ini dapat semakin memperluas pemasaran produk-produk Bumdes yang dimilikinya, baik secara konvensional maupun online.

Perlu diketahui, e-market place merupakan pasar online, tempat dimana terjadinya jual-beli yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, selama memiliki akses internet. Pembeli dan penjual barang/jasa dapat dengan mudah menjual maupun membeli barang yang dibutuhkan.  ( Ely)