Program e-catalog Diharapkan Mampu Mengatasi Berbagai Kecurangan

Iklan Semua Halaman

.

Program e-catalog Diharapkan Mampu Mengatasi Berbagai Kecurangan

Sku Metropolitan
Kamis, 05 Maret 2020

Kepala Bagian Kepala Bagian unit Lelang pengadaan Barang dan Jasa pada sektretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Beni Saputra

METRO BEKASI - Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Bekasi akan  menerapkan katalog elektronik (e-catalog) untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah mulai tahun ini, pengadaan barang tidak akan lagi menggunakan sistem tender tapi pembelian secara langsung dari pabrik.

Kepala Bagian unit Lelang pengadaan Barang dan Jasa pada sektretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Beni Saputra mengatakan bahwa dengan program e-catalog diharapkan mampu untuk mengatasi berbagai kecurangan, penipuan dan kroupsi saat proses tender. 

“Pengembangan e-catalog ini sejalan dengan komitmen kami untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih sesuai dengan Perpres Nomor 16/2018 tentang pengadaan barang dan jasa,” ujarnya.

Dia menyebutkan pengadaan barang dan jasa secara ekektronik, selain untuk mewujudkan transparansi, juga mengantisipasi terjadinya penyimpangan dalam proses lelang dan pengadaan, sehingga memastikan anggaran negara dijalankan sesuai peruntukannya.

“E-katalog akan menjadi instrumen baru dalam menciptakan keterbukaan dan persaingan bisnis yang sehat. Sebab informasi harga menjadi lebih terbuka,” katanya  kepada Meteropolitan diruang kerjanya, selasa (3/3).

“Dengan keterbukaan ini, kami harapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintahan, meningkatkan iklim investasi yang kondusif, efisiensi penggunaan APBD, dan percepatan realisasi anggaran,” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa dengan sistem ini akan menjamin kwalitas barang dan mekanismenya pun bisa lebih sederhana diamping itu masyarakat bisa ikut memonitoring proses pengadaan barang dan jasa yang transparan.

Menurutnya, inovasi dalam pengadaan barang dan jasa tersebut tetap mengedepankan prinsip efesiensi, efektifitas, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel.

Disamping itu, menerapakan e-catalog  Pemerintah bisa mendapatkan barang dan jasa dengan harga yang jauh lebih baik, pengubahan ini diyakini efektif untuk memastikan kualitas pembagunan dapat lebih baik.

Sebagai contoh dalam pembagunan jalan, pemerintah dapat mengotrol  material yang dikirim dengan kwalitas barang yang terjamin,sebab bila mengirim material di underspek maka konsekuensi vendor tersebut dapat di blacklist.

Terhadap penerapannya di tahun ini, sudah tidak ada masalah dan sudah dilakukan sosialisai baik melalui Asosiasi pengusaha Kontruksi maupun kepada pihak penyedia jasa lainya dan Ia menyebutkan membuka layanan kepada yang ingin berkonsultasi setiap harinya baik lanyanan kosultasi pembuatan surat penawarawan maupun konsultasi terkait dengan syarat-syarat untuk lelang.