Puluhan Ruas Jalan Utama di Jakarta Disemprot Disinfektan

Iklan Semua Halaman

.

Puluhan Ruas Jalan Utama di Jakarta Disemprot Disinfektan

Sku Metropolitan
Minggu, 22 Maret 2020


JAKARTA, METRO- Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona puluhan ruas jalan utama di Jakarta dilakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Tak hanya ruas jalan, sejumlah halte dan jembatan penyebrangan orang (JPO) juga tak luput dari penyemprotan disinfektan.

Pemerintah Kota Jakarta Timu menggunakan 25 unit mobil pemadam kebakaran, tujuh ruas jalan  utama tersebut yakni Jl Raya Bogor hingga ke Jl Dewi Sartika dan Jl Raya Otista, Jl Raya Matraman, Jl Raya Pramuka, Jl Ahmad Yani, Jl Raya DI Panjaitan.

"Penyemprotan ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di area publik," ujar Muhammad Anwar, Wali Kota Jakarta Timur, saat memimpin kegiatan penyemprotan cairan disinfektan, Minggu (22/3).

Dikakatan Anwar, saat ini hampir seluruh wilayah di Jakarta Timur terinfeksi COVID-19. Karena itu pencegahan harus dilakukan secara menyeluruh termasuk di permukiman padat penduduk, sarana ibadah, sarana pendidikan dan area publik lainnya.

Anwar juga kembali mengingatkan warganya untuk berada di rumah saja, menghindari kerumunan orang, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menambahkan, penyemprotan cairan disinfektan ini menindaklanjuti Instruki Gubernur DKI.

Sementara Pemerintah Kota Jakarta Utara juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Jl Yos Sudarso, Perintis Kemerdekaan, Jl Plumpang Raya dan Jl Raya Boulevard Kelapa Gading.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat juga melakukan penyemprotan di, 20 titik jalan dan halte yang disemprot cairan disinfektan meliputi, kawasan Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, Stasiun MRT Dukuh Atas, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kemudian Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Suryopranoto, Jalan Kramat Raya, Jalan Salemba Raya, Jalan Letjen Suprapto, Jalan Pasar Baru, Jalan Lapangan Banteng, Jalan Kebon Sirih, Tugu Tani, Jalan Jaksa, Jalan K.H Mas Mansyur, Jalan Gunung Sahari Raya.

Diwaktu yang sama, Pemerintah Kota Jakarta Selatan melakukan penyemprotan di lima titik, kelima titik jalan yang disemprot terdiri dari Jalan Sudirman - Singsingamangaraja, Jalan Prapanca - Antasari, Jalan TB. Simatupang - Jalan RA. Kartini, Jalan Wolter Mongisidi dari Halte Transjakarta Prof. Joko Sutono - Halte CSW dan Jalan H. Rasuna Said di Pasar Festival.

"Kita kerahkan pasukan gabungan dari Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Gulkarmat, Satpol PP, Sudin Kesehatan dan PMI Jakarta Selatan. Kita juga dibantu unsur TNI dan Polri," ujar Marullah Matali, Wali Kota Jakarta Selatan, Minggu (22/3).

Ia menuturkan, kegiatan yang dimulai dari pukul 07.00 ini melibatkan 30 personel dan 13 unit truk sweeper dari Sudin LH Jakarta Selatan untuk menyapu sampah di lima titik jalan utama tersebut. 

Selain itu, ada 80 personel berikut tujuh unit mobil pompa 4.000 liter, dan satu unit mobil pompa 10 ribu liter dari Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan yang juga dikerahkan untuk melakukan penyemprotan secara menyebar ke masing-masing titik.(tim)