Afrido Turiskai: Penerima BLT Harus Tepat Sasaran

Iklan Semua Halaman

.

Afrido Turiskai: Penerima BLT Harus Tepat Sasaran

Sku Metropolitan
Kamis, 23 April 2020


WAY KANAN, METRO-- Guna menekan berbagai dampak yang dirasakan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah adalah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak selama Covid-19 masih berlangsung. Hal itu dikatakan Pj Kepala Kampung (Kepala Desa red), Bumi Ratu Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan Provisi Lampung,  Afrido Turiskai, Kamis (23/4).

Afrido, menjelaskan, sebelum penyaluran BLT yang dialokasikan dari Dana Desa (DD) sebesar Rp 600.000 per KK, terlebih dulu dilakukan musyawarah bersama Kepala Dusun (Kadus) Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Babin Kamtibmas serta tokoh masyarakat.

“BLT harus tepat sasaran jadi aparat kampung dan tokoh masyarakat didampingi Babin Kamtibmas harus mengunjungi rumah warga untuk melakukan pendataa, agar benar- benar bantuan tersebut sesuai dengan yang diharapkan,” kata Afrido usai musawarah.

Menurutnya, program BLT Dana Desa, paling utama keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) atau masyarakat yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Selain itu, BLT juga akan diberikan pada masyarakat yang belum mendapatkan manfaat Kartu Prakerja, kehilangan mata pencaharian, belum terdata dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.
Dia menambahkan, jumlah penduduk di Kampung Bumi Ratu kurang lebih 2.298 Kepala Keluarga(KK), yang mandapatkan BLT kurang lebih 100 KK, tambahnya.

Pengamatan wartawan, muyawarah pembahasan bantuan BLT dihadiri Banin Kamtibmas Bripka Ahmad, Kepala Dusun RT dan tokoh masyarakat. (sangun)