Bawaslu Berhentikan Puluhan Panwascam

Iklan Semua Halaman

.

Bawaslu Berhentikan Puluhan Panwascam

Sku Metropolitan
Kamis, 02 April 2020


WAY KANAN, METRO- Pandemi Covid 19 berdampak pada penundaan tahapan Pemilukada Way Kanan tahun 2020. Penundaan itu juga berdampak dengan dinonaktikannya penyelanggara ad-hoc di tingkat Kecamatan seperti PPK dan Panwascam.

Eko Prasetyo, Panwascam Blambangan Umpu mengatakan,  penundaan itu adalah langkah yang tepat dan bijak sebagai antisipasi merebaknya virus Corona yang tak pandang bulu.

"Bawaslu Way Kanan telah mengeluarkan surat pemberhentian sementara kepada seluruh Panwascam. Tentu saja saya dan teman-teman Panwascam dari kecamatan lain harus legowo dengan keputusan tersebut. Selain Panwascam, Pengawas Kampung juga turut dinonaktifkan untuk sementara waktu hingga diterbitkannya kembali surat resmi dari Bawaslu." pungkas Eko Prasetyo yang menjabat Ketua Panwascam Blambangan Ump, Rabu (01/04/2020).

Surat Bawaslu Way Kanan No.085/K.LA-11/HK.01.01/III/2020 perihal pemberhentian sementara Panwascam yang berjumlah 42 orang se-kabupaten Way Kanan itu, berlaku mulai tanggal 31 Maret.

"Selama penundaan kami tidak lagi menerima honorium, baik Panwascam maupun PKD. Sekali lagi kami legowo dan berharap agar Corona ini segera berakhir", imbuhnya.

Ditempat terpisah, Andre selaku PKD dari kampung Negeribatin juga mengungkapkan hal serupa. Dengan dinonaktikannya sebagai penyelenggara ad-hoc di tingkat kampung dirinya mengaku legowo.

"Ya mau gimana lagi, kalau penundaan itu keputusan terbaik, ya saya ikuti. Sebab tidak hanya Bawaslu, KPU juga menunda masa kerja PPK-nya kok. Artinya kita mesti sama-sama berbesar hati dan sama-sama mendoakan agar situasi Corona ini lekas selesai. Sehingga saat situasi sudah benar-benar pulih, tahapan pemilihan kepala daerah di Way Kanan bisa dilanjutkan kembali," kata Andre.(sangun)