Disetujui Oleh Kemenkes RI, Pemkot Bekasi Akan segera Terapkan PSBB

Iklan Semua Halaman

.

Disetujui Oleh Kemenkes RI, Pemkot Bekasi Akan segera Terapkan PSBB

Sku Metropolitan
Minggu, 12 April 2020



KOTA BEKASI, METRO - Pemerintah Kota Bekasi akan memberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di Kota Bekasi. Sistem PSBB diantaranya dengan membatasi mobilitas masyarakat dari dan ke luar Kota Bekasi. Wilayah Kota Bekasi bersebelahan dengan DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta sudah terlebih dahulu memberlakukan pembatasan sosial bersekala besar pada 10 April 2020. .

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan Pemkot Bekasi telah mengusulkan PSBB di wilayah Kota Bekasi kepada Kementerian Kesehatan RI melalui Gubernur Jawa Barat dan pada 11 April 2020, Menteri Kesehatan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/248/2020 tentang Penetapan PSBB di wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.
 
Atas keputusan yang dikeluarkan Menteri Kesehatan, Wali Kota Bekasi segera akan berkordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 dan Unsur Muspida terkait PSBB di Kota Bekasi. "Gubernur Jawa Barat telah menerima surat dari Kemenkes RI terkait penerapan PSBB di 5 wilayah termasuk di Kota Bekasi. Kita akan tindaklanjuti dan bahas bersama Tim Gugus Covid-29 dan Muspida Kota Bekasi dan akan mengeluarkan surat Keputusan Wali Kota mana saja yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan dalam PSBB di Kota Bekasi," ungkap Rahmat Effendi, dikutip dari riles humas Kota Bekasi media Sosial Sabtu, (11/4/2020).

Pertimbangan Menteri Kesehatan mengeluarkan Keputusan Menkes untuk PSBB di beberapa wilayah Jawa Barat tersebut karena data yang ada menunjukkan telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus Covid-19 yang signifikan dan cepat diwilayahnya tersebut. Kemudian hasil kajian epidemiologis dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya perlu dilakukan PSBB diwilayahnya tersebut guna menekan penyebaran Covid-19. Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi juga mengatakan harapannya agar apabila PSBB di Kota Bekasi mulai diterapkan agar masyarakat ikut berpartisipasi dengan menataati segala peraturan yang ada pada PSBB. (Red/Bresman)