Ketua TP PKK Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Untuk Tanam Jamu Herbal

Iklan Semua Halaman

.

Ketua TP PKK Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Untuk Tanam Jamu Herbal

Sku Metropolitan
Jumat, 03 April 2020


TRENGGALEK, METRO - ketua tim Penggerak PKK kabupaten Trenggalek, Novita Hardini mengajak masyarakat kabupaten Trenggalek untuk kembali menggalakkan menanam tanaman obat keluarga (Toga) sehingga menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit.


"Mari kita bersama-sama untuk manfaatkan pekarangan yang ada untuk ditanami tanaman obat-obatan sehingga tidak perlu repot lagi mencari obat-obatan karena sudah tersedia di pekarangan," kata istri Bupati Trenggalek ini, Jumat (3/4/2020) 

Novita menyampaikan,bahwa saat ini penyebaran virus Corona(covid-19) telah mengguncang dunia tak ketinggalan dengan Indonesia, jika kedisiplinan bisa diterapkan hingga RT/RW maka kita percaya bisa menekan penyebaran virus Corona dengan baik," ucapnya

Dalam kesempatan itu,Novita meminta kader Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Trenggalek, juga memanfaatkan lahan pekarangan yang dimiliki sebagai lahan untuk ditanami tanaman obat-obatan herbal.

"Tim PKK sendiri mempunyai 10 program pokok diantaranya adalah penanaman dan pemanfaatan pekarangan untuk tanaman obat-obatan yang bermanfaat untuk kesehatan," terangnya. 

Budidaya Toga selain bermanfaat untuk pengobatan secara herbal, juga bisa memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individu. 

"Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat herbal secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga," ujarnya.

Tanaman Toga tersebut, diantaranya ginseng, jahe, kunyit, kencur, temulawak dan lain-lain yang bermanfaat mengobati maupun mencegah bermacam penyakit.

Novita Hardini menyampaikan bahwa hingga saat ini ,1 April 2020,kabupaten Trenggalek masih zona hijau, artinya masih relatif aman dan kondusif. hal itu harus membuka kesadaran kita untuk tetap menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif. 

"Peran PKK sendiri sangat besar sekali, tidak kenal lelah untuk terus menyemangati warga yang saat ini tinggal dirumah karena dampak virus Corona, agar tidak panik dan tetap produktif," pintanya

Lanjut Novita, tim PKK terus bersosialisasi cara membuat masker sendiri, sehingga para pelaku UMKM tetap berproduksi dan dipasarkan secara online. 

"Masyarakat tidak perlu panik dan takut dalam menghadapi pandemi Corona,yang terpenting kita tetap jaga kesehatan, dan ikuti petunjuk dari pemerintah, semoga wabah virus cora cepat berakhir sehingga warga masyarakat akan kembali beraktifitas seperti semula," pungkasnya. (sar)