Ketua TP PKK Hardini Meninjau Produksi APD Buatan UMKM

Iklan Semua Halaman

.

Ketua TP PKK Hardini Meninjau Produksi APD Buatan UMKM

Sku Metropolitan
Sabtu, 04 April 2020


TRENGGALEK, METRO - Ketua TP PKK Trenggalek Novita Hardini Nur Arifin meninjau langsung pembuatan Alat Pelindung Diri (APD) yang diproduksi oleh UMKM di Kecamatan Tugu dan Karangan, Jumat (3/4/2020). 


UMKM produsen APD yang tergabung dalam Dekranasda ini dilibatkan Pemkab Trenggalek untuk membantu penyediaan APD bagi tenaga medis ditengah terbatasnya ketersediaan APD dalam penanggulangan wabah covid-19.  

Jenis APD yang diproduksi UMKM tersebut meliputi baju pelindung diri (hazmat) yang menyerupai pakaian seorang astronot dan masker.  Dengan adanya APD produksi UMKM di Trenggalek, Novita berharap dapat membantu mengurangi resiko terjangkit virus bagi para tenaga medis saat menangani ODP maupun PDP covid-19.  Bahkan hingga saat ini APD yang diproduksi UMKM tersebut jumlahnya telah mencapai ribuan unit dan juga mulai mendapatkan pesanan dari berbagai daerah lain.

"Hari ini kami kembali memonitoring terhadap persiapan para pengrajin guna memproduksi beberapa masker dan APD yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan tim medis yang ada di Kabupaten Trenggalek," tutur Novita Hardini.

Novita menambahkan, kegiatan ini juga ditujukan untuk melihat sistem UMKM yang tergabung dalam Dekranasda ini bisa membantu para pelaku usaha di dalamnya dengan harapan kebutuhan pokok maupun finansialnya bisa terbantu dengan adanya pekerjaan memproduksi APD seperti ini.

"Saya bahagia dan bersyukur serta mengucapkan terima kasih kepada para UMKM yang cepat dan tanggap dalam menghadapi covid19 ini," ucapnya

Menurut saya, ketanggapan ini sangat baik sekali untuk mengisi waktu luang kita selama stay at home dan juga membantu perekonomian warga yang ada di sekitar rumah UMKM ini," ungkap Novita Hardini.

"Harapannya semoga wabah covid-19 segera berakhir, kemudian kita bisa sama-sama menatap kedepan menjalankan planning seperti sedia kala," lanjutnya.

Selain itu, istri dari Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ini berpesan kepada seluruh masyarakat Trenggalek agar terus menjaga kesehatan tidak hanya disaat wabah covid-19 seperti saat ini, namun juga diharapkan olehnya hal ini bisa menjadi suatu kebiasaan yang baik dengan berdisiplin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan sebagainya.

"Ini harus tetap terjaga bagaimana kita sering memperhatikan cuci tangan kita dengan baik, bagaimana kita bisa disiplin begitu datang di rumah baju dilepas, dimasukkan tempat cucian, dicuci dengan deterjen pembunuh bakteri dan virus, dan kita cuci tangan dengan pembunuh bakteri," jelasnya.

"Ini bisa menjadi habit (kebiasaan) kita dan adanya wabah covid-19 ini semoga menjadi hikmah yang besar bahwa habit kita bisa lebih positif terutama terhadap menjaga kesehatan dan kebersihan dengan baik," pungkasnya.(sar/komf)