Polri: Grafik Kejahatan Selama Pandemi Covid-19 Naik 11,80 Persen

Iklan Semua Halaman

.

Polri: Grafik Kejahatan Selama Pandemi Covid-19 Naik 11,80 Persen

Sku Metropolitan
Senin, 20 April 2020


JAKARTA, METRO Selama masa pandemi Virus Corona (Covid-19), grafik kejahatan meningkat sebanyak 11,80 Persen pada pekan ke-15 dan pekan ke-16 tahun 2020. Meski bengitu, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama masa pandemi Virus Corona (Covid-19) relatif aman dan terkendali.  Hal itu dikatakan Kombes Asep kepada wartawan melalui video conference Divisi Humas Polri, Senin (20/4/2020).

Kabag Penum Divisi Humas PolrKombes Asep Adi Saputra menjelaskan, peningkatan kejahatan terjadi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di beberapa wilayah. Namun, kondisi kamtibmas dipastikan terkendali.

“Situasi Kamtibmas dan tren perkembangan kejahatan berdasarkan evaluasi jumlah kejahatan pada minggu ke-15 dan minggu ke-16 secara keseluruhan mengalami angka peningkatan sebesar 11,80% terkait kejahatan pencurian dengan pemberatan,” ucap Kombes Asep.

“Secara umum, selama dilaksanaan PSBB meskipun terjadi kenaikan angka kejahatan, namun situasi Kamtibmas masih dalam keadaan aman dan terkendali,” sambung dia.

Kombes Asep memastikan, Polri menjamin keamanan masyarakat. Upaya-upaya pencegahan tetap dikedepankan, namun akan menindak tegas pelaku kejahatan yang membuat resah masyarakat.

“Polri terus melakukan upaya-upaya baik pre-emtif maupun preventif untuk memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat. Namun pada sisi yang lain ketika kejahatan terjadi maka Polri tidak segan untuk melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan yang tentunya dilakukan secara terukur,” jelasnya.

“Hal ini untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat dan dalam rangka mengurangi ruang gerak para pelaku kejahatan,” tuturnya.(red/dpt)