Satu Pasien Positif Corona, Bupati : Ini Bukan Kasus Baru

Iklan Semua Halaman

.

Satu Pasien Positif Corona, Bupati : Ini Bukan Kasus Baru

Sku Metropolitan
Selasa, 07 April 2020


TRENGGALEK, METRO - Trenggalek kini masuk zona merah kasus virus corona setelah salah seorang warga dinyatakan positif Covid-19. Namun Bupati Mochammad Nur Arifin memastikan kasus itu bukan temuan baru.


Mochammad Nur Arifin, melalui video conference di ruang Smart center dengan wartawan mengatakan, pasien 01 Trenggalek itu berasal dari Kecamatan Tugu. Yang bersangkutan sebelumnya telah dinyatakan positif virus corona dan tercatat di Tulungagung sebagai pasien positif nomor 175 Jawa Timur. 

"Jadi pasien 01 Trenggalek bukan merupakan kasus baru, melainkan perpindahan pencatatan," kata Nur Arifin, Senin (6/4/2020) malam. 

Saat ini, pasien positif 01 Trenggalek dalam keadaan sehat. Sehingga sesuai protokoler kesehatan, yang bersangkutan cukup melakukan isolasi mandiri di rumah.

Terkait temuan kasus Covid-19 ini, Pemkab Trenggalek mengambil sejumlah langkah. Di antaranya menerapkan isolasi terhadap pasien dan seluruh anggota keluarganya. 

"Yang kedua menetapkan kawasan disiplin physical distancing di lokasi sekitar titik isolasi. Yang ketiga melakukan tracing terhadap kontak erat dengan pasien 01," ujarnya. 

Penelusuran kontak erat pasien penting dilakukan untuk mendeteksi ada atau tidaknya orang-orang sekitar pasien yang ikut terpapar Covid-19. Sehingga bisa diambil langkah cepat untuk memutus rantai penularan. 

Arifin menambahkan, kebijakan keempat yakni menunjuk penghubung khusus, guna memantau kesehatan dan kebutuhan sehari-hari pasien 01 dan keluarga di Kecamatan Tugu. "Yang kelima melakukan disinfeksi berkala di sekitar kawasan physical distancing," ujar Arifin.

Bupati mengimbau masyarakat untuk tidak panik dengan adanya satu pasien positif Covid-19 tersebut. Namun warga diminta tetap waspada serta memberikan dukungan dan doa agar pasien 01 Trenggalek segera dinyatakan negatif dan sembuh. 


"Kami mengimbau masyarakat agar memakai masker ketika keluar rumah dan melanjutkan pola hidup bersih dan sehat," pungkasnya.(sar)