Wali Kota Minta Camat Agar Menghimbau Warga Shalat Tarawih di Rumah

Iklan Semua Halaman

.

Wali Kota Minta Camat Agar Menghimbau Warga Shalat Tarawih di Rumah

Sku Metropolitan
Senin, 27 April 2020


KOTA BEKASI, METRO- Walaupun Pemerintah Kota Bekasi sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) dan Maklumat Walikota Bekasi, untuk melaksanakan ibadah di rumah, dibeberapa Kecamatan masih ada yang melaksanakan Trawih dan Shalat di Medjid.

Merujuk kepada Surat Edaran Nomor 541.13/2471/Setda, Dinsos  mengenai panduan ibadah pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi Covid 19 dan Maklumat Wali Kota Bekasi Nomor : 451/ 2740 /SETDA.Kessos, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, meminta kepada setiap Camat dan Lurah yang berkoordinasi dengan Kapolsek dan Babinsa di tiap wilayah untuk menelusuri tiap daerahnya yang masih menggunakan sarana ibadah untuk Sholat Tarawih di tengah pandemi ini.

"Sudah keluar edaran, sudah koordinasi melalui MUI juga, wabah ini semakin memakan banyak korban jika warganya pun tidak ikuti peraturan yang kita telah buat, untuk mereka juga, memutus mata rantai Covid 19 ini agar cepat hilang" tegas Rahmat Effendi.

Di beberapa wilayah masih ada menerima laporan bahwa adanya wilayah yang masih melaksanakan shalat Jumat dan Shalat Tarawih secara berjamaah, data masjid yang masih menggelar Shalat Jumat dan Shalat Tarawih tertangal 23 April dan 24 April 2020, yakni ;

1.Kecamatan Medan Satria (2 masjid) dengan keterangan 1 masjid menggelar Shalat jumat dan Tarawih, 1 Masjid menggelar Tarawih. 2. Kecamatan Jatiasih (1 Masjid masih shalat jumat). 3. Kecamatan Pondok Gede (1 Masjid shalat Jumat). 4. Kecamatan Bekasi Utara (5 Masjid maish menggelar shalat jumat dan tarawih). 5. Kecamatan Bekasi Selatan (Nihil). 6. Kecamatan Bantargebang (1 Masjid masih shalat jumat dan tarawih). 7. Kecamatan Bekasi Timur (8 Masjid masih menggelar Shalat Jumat dan Tarawih). 8. Kecamatan Rawalumbu (2 masjid masih melaksanakan shalat Jumat dan Tarawih). 

Dari data di atas, Wali Kota pun yakin masih belum banyak terdata masih menggelar shalat jumat dan shalat tarawih secara berjamaah di Masjid, hal ini meminta Camat untuk berkoordinasi dengan 3 pilar wilayah untuk memastikan dalam penerapan pencegahan Covid 19 yang ada di Kota Bekasi untuk mengikuti peraturan yang telah dibuat. Agar melaksanakan shalat jumat di rumah diganti dengan shalat zuhur, dan untuk tarawih dilaksanakan di rumah saja.

"Ini demi kepentingan kita bersama, kesehatan kita bersama, sudah ada instruksinya, Kapolsek dan Babinsa serta Camat dan Lurah akan sidak ke wilayah untuk memastikan tidak adanya berjamaah di Masjid, kita putus mata rantai Covid ini, agar kita terbebas dengan cepat" Tegas Rahmat Effendi.

Penting disampaikan ke warga bahwa Covid 19 ini, telah terkongfirmasi sudah masuk di 231 orang dalam status Positif Covi 19, Wali Kota menegaskan agar dari diri sendiri menerapkan imbauan imbauan dari Pemerintah Kota Bekasi untuk melaksanakan aturannya, dengan ini kita bisa dengan cepat segera terlepas dari wabah ini, jika kita tidak mentaati maka lama dan makin banyak korban yang jatuh dalam pasien Covid 19 ini.(ely/bresman).