Bupati Bogor Sarankan Warga Korban Longsor Mengungsi

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Bogor Sarankan Warga Korban Longsor Mengungsi

Sku Metropolitan
Rabu, 13 Mei 2020


KAB BOGOR, METRO-- Hujan deras yang mengguyur kabupaten Bogor mengakibatkan lonsor di Kampung Seluduk RT 01/11, Desa Wangun Jaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, longsor.  Longsor terjadi dua kali dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB dan pukul 04.00 WIB. 1 orang meninggal dan 14 rumah mengalami kerusakan. Hal itu dikatakan Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau lokasi bencana, Rabu, (13/5).

Bupati Bogor menjelaskan, setidaknya, 14 rumah unit rumah yang terdiri dari 51 jiwa mengalami rusak parah. Sejauh ini, korban jiwa baru satu yang ditemukan atas nama Samsu (48), yang ditemukan sekitar pukul 10.50 WIB.

Selain korban meninggal dunia, juga terdapat empat korban luka. Yakni Toto, Ujang, Johanes dan Hanafi. Informasi yang dihimpun, keempatnya puskesmas untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Bupati Bogor, Ade Yasin  menambahkan, longsor terjadi dua kali dini hari tadi. Yakni sekitar pukul 01.00 WIB dan pukul 04.00 WIB.

“Akhirnya 14 rumah rusak. Ada satu korban meninggal dunia yang ditemukan pada kedalaman sekitar empat meter,” katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat di sekitar longsor untuk mengungsi ke tempat sanak saudara yang tidak terkena bencana. Pasalnya, Ade khawatir dengan adanya longsor susulan.

“Ada sebuah majelis taklim juga terancam dan dua unit MCK rusak berat. Selain itu, ada 69 KK dengan total 242 jiwa terdampak bencana,” jelas Ade.

Dia pun menjanjikan bahwa Pemkab Bogor, akan memberikan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan pakaian.

“Bantuan untuk yang mendesak dulu. Nanti kita pikirkan untuk mengganti tempat tinggalnya,” kata dia.

Sementara itu Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Adam Hamdani mengatakan, peristiwa banjir dan longsor tersebut terjadi didni hari, Rabu (13/5/2020).


"Infomasi dari warga, di atas kampung itu ada mata air, karena hujan deras, air meluap dan longsor. Jarak dari kampung ke mata air sekitar 300 meter," kata Adam.(gultom)