Menyambut Hardiknas 2020 Meski Terhempas, Semangat Belajar Harus Bangkit

Iklan Semua Halaman

.

Menyambut Hardiknas 2020 Meski Terhempas, Semangat Belajar Harus Bangkit

Sku Metropolitan
Sabtu, 02 Mei 2020
Martua Situmorang

Oleh : Martua Situmorang
"Belajar Dari Covid-19", merupakan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, yang dirayakan setiap tanggal 2 Mei..

Tahun ini, kita tidak akan menyaksikan Marching Band yang dengan semangat dimainkan anak anak SD, SMP dan SMA di Tarutung. Mereka berangkat dari sekolah dengan memainkan sejumlah alat musik ke Stadion Mini Tarutung, Tapanuli Utara yang biasa digunakan untuk tempat upacara.

Kita juga tidak akan menyaksikan para orangtua murid dan masyarakat berjejer di kiri kanan sepanjang jalan yang dilewati team marching band. Peristiwa seperti ini belum pernah terjadi, ini dikarenakan pandemi corona yang melanda dunia.

Belajar di rumah, itulah salah satu cara untuk menghindari kontak fisik antara siswa dengan sisiwa, antara guru dengan guru dan antara guru dengan siswa.

Mendikbud telah membuat program belajar dari rumah yang disiarkan oleh TVRI, itulah salah satu cara, agar siswa tetap bisa belajar di rumah.

Bagi yang memiliki pesawat televisi, bisa menyaksikan program ini, tetapi bagi daerah atau desa yang belum ada jaringan listrik atau ada jaringan listrik tetapi tidak memiliki pesawat televisi tidak bisa menyaksikan siaran itu.

Komunikasi hanya satu arah, materi pelajaran  juga sangat terbatas,namun itu sudah kita syukuri, karena mempersiapkan itu sangat singkat.

Yang menjadi pertanyaan kita, sampai kapan pandemi corona ini bisa dihentikan ?, ada yang memprediksi Bulan Juli sudah tuntas kasus Covid 19, tetapi ada juga memprediksi bulan Desember.

Jika Pandemi Corona ini berkepanjangan, maka tema Hari Pandidikan Nasional inilah yang perlu dijabarkan oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan di daerah, " Belajar Dari Covid-19".

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, M.Si  telah membuat surat edaran, agar siswa belajar di rumah.untuk mendukung program itu, dana bisa diambil dari dana BOS.

Beberapa sekolah di Tapanuli Utara, terutama di kota, sekolah bisa mengirim materi pelajaran melalui group WA. Namun, meski di kota, tidak semua siswa yang memiliki android, sehingga tidak semua siswa bisa dijangkau.

Kadis pandidikan Tapanuli Utara,  Bontor Hutasoit, bersama Sekdis Bahal Simanjuntak, telah berulangkali melakukan rapat bersama stafnya agar bisa mempersiapkan metode pembelajaran, selama diberlakukan Belajar di rumah.

Kita terhempas akibat pandemi corona yang masih berkepanjangan dan mengancam, tetapi guru dan siswa harus tetap semangat dan bangkit dari hempasan itu.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2020