Penyaluran Bantuan di Kampung Kota Way Diduga Tidak Tepat Sasaran

Iklan Semua Halaman

.

Penyaluran Bantuan di Kampung Kota Way Diduga Tidak Tepat Sasaran

Sku Metropolitan
Senin, 04 Mei 2020


WAY KANAN, METRO--Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Patriot Indonesia, Sarnubi, menyoroti penyaluran bantuan sosial (Bansos) Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kampung Kota way, Kecamatan Kasui  Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, diduga tidak tepat sasaran.

“Seharusnya menyaluran bantua untuk warga yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19 itu tepat sasaran, ada warga yang mampu dapat bantuan, sementara warga miskin yang rumahnya berlantai tanah diabaikan, ujar Sarnubi.

Kami menduga data yang dimiliki oleh Pemerintah daerah dan Pemerintah pusat adalah data lama. Hal itu terbukti dengan diberikannnya bantuan ke warga yang ekoniminya sudah mapan. Mungkin kalau tidak ada Covid-19, masalah ini tidak terungkap, ungkapnya.

“Harus diupdate data itu, harus pakai data terbaru agar yang berhak bisa mendapatkan, tegas Sarnubi.

Sementara itu, HI salah seorang warga Kota Way, menuturkan, kami sangat kecewa, dikarenakan selama ini tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah apalagi bantuan PKH (Program Keluarga Harapan). Padahal kami warga miskin, untuk makan pun susah rumah saja ding ding papan, ucapnya kesal.

Dia menambahkan, kami sudah sering dimintai Kartu Kaluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun tidak pernah dapat bantuan, malah yang punya rumah mewah dan punya warung asinan. Di dusun 2 ini ada sepuluh (10) KK tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah, ujarnya.  
Ketika hal itu mau dikonfirmasi ke Kepala Kampung (Kepala desa red) Kota way, Nuardi, tidak ada di tempat.(sangun)