Serka Nurhalis: Sungai Bukan Tempat Buang Sampah

Iklan Semua Halaman

.

Serka Nurhalis: Sungai Bukan Tempat Buang Sampah

Sku Metropolitan
Senin, 04 Mei 2020


BANDUNG, METRO- Hasil kerja keras Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 3, Sebanyak 259 Kg Sampah dan rumput liar terangkat kepermukaan dari hasil pembersihan Sungai Citepus sepanjang 75 meter di RW 03 Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo. Minggu (3/5/2020).

Dansub 3 Serka Nurholis mengatakan, kegiatan tersebut merupakan dalam rangka upaya mengembalikan pungsi sungai Sesuai Perpres No. 15 Tahun 2018 dan penanganan pencegahan terjadinya banjir.

“Kegiatan ini kami lakukan dengan niat ingin memberikan contoh kepada masyarakat, agar mereka mau merubah perilaku untuk bersikap lebih peduli terhadap lingkungan”. katanya.

Menurut Nurholis, terjadinya banjir yang diakibatkan banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai. Sehingga, sungai menjadi dangkal dan terus meluap saat curah air hujan lebat.

“Seperti kita ketahui, banyaknya sampah alam seperti ranting – ranting kayu dan bambu serta sampah rumah tangga, membuat aliran sungai yang tersendat dan mampet”. ucapnya.

Sehingga, Lanjut Nurholis, saat hujan turun air tidak bisa mengalir dengan lancar dan akhirnya meluap dan masuk ke pemukiman.

“Maka dari itu, kami mengajak kepada seluruh masyarakat agar lebih bersikap bijak untuk tidak membuang sampahnya sembarangan terutama ke sungai”. terangnya.

“Karena dalam sejatinya, sungai ini bukan lah tong sampah raksasa yang dapat digunakan untuk membuang sampah”. pungkasnya.  (Supriyanto)