Tidak Tersedia Saluran, SDN Mekarsari 3 Cimanggis Kerap Dilanda Banjir

Iklan Semua Halaman

.

Tidak Tersedia Saluran, SDN Mekarsari 3 Cimanggis Kerap Dilanda Banjir

Sku Metropolitan
Minggu, 10 Mei 2020


DEPOK, METRO--SD Negeri Mekarsari 3 Cimanggis Depok yang terletak di Komplek lembah Hijau Jl Srigunting 2 Mekarsari, Cimanggis, Depok, kerap dilanda banjir ketika hujan lebat dan menggenangi seluruh ruangan sekolah.

Sesuai pantauan dilapangan, genangan air tersebut diduga berasal dari gorong gorong yang berada dibawah bangunan sekolah, sehingga ketika hujan lebat gorong- gorong tersebut tidak kuat menampung debit air yang besar sehingga menjebol coran lantai sekolahan yang mengakibatkan air tumpah.

Menurut kepala sekolah Endang Supendi, genangan air tersebut sering terjadi disaat intensitas hujan tinggi. Dia membantah penyebab banjir berasal dari gorong gorong, sebab disana tidak ada gorong - gorong.

‘’Cuma posisi pekarangan sekolah lebih rendah mengakibatkan air tidak bisa mengalir mengakibatkan genangan. Jadi kalau hujannya deras, air dari luar pekarangan sekolah masuk kehalaman hingga ke ruangan kelas. Air dari pekarangan sekolah tidak bisa keluar, bahkan air dari pemukiman masuk ke pekarangan sekolah, ’’ ujar Endang ( 9/5 ).

’’Hampir 1 ½ tahun saya memimpin sekolah ini, sudah ada 4 kali terjadi genangan air yang yang memasuki hampir seluruh  ruangan,’’ sambung Endang.

Endang berharap kepada dinas terkait agar hal ini menjadi perhatian, kiranya SDN Mekarsari 3 ini menjadi program prioritas.

’’Kasihan anak anak, sering terganggu belajar disaat saat  terjadi genangan air,” umgkapnya.

Ridwan, salah satu guru di SDN Mekarsari 3 yang selalu stand by di sekolah mengeluhkan, bahwa disetiap hujan lebat mereka selalu dibayangi rasa kekawatiran dan was-was, karena setiap hujan lebat sekolah kerap didatangi banjir.

Terakhir kata Ridwan, Rabu 6/5, sekolah baru saja mendapat musibah banjir pas hujan lebat, beruntung sekolah libur, katanya.

‘’Kondisi seperti ini membuat kami tidak nyaman dalam kegiatan belajar mengajar,’’ujarnya.
Yang parahnya, kata Ridwan, Ketika banjir datang anak anak harus rela naik ke atas meja menghindari genangan air.

Ketika ditanya, apakah dinas terkait sudah pernah survei, Ridwan mengatakan, sudah sering datang untuk melihat keadaan sekolah, namun sampai saat ini belum ada solusi, kata Ridwan.

Kepala bidang sarana prasarana pendidikan ( Kabid Sarpras ) Kota Depok, Sutarno, ketika di hubungi lewat WhatsApp mengatakan, bahwa hal ini sudah di cek kelokasi dan sudah diusulkan dengan dibantu anggota DPRD dari Fraksi PKS. Semoga Disrumkin  segera menindak lanjuti.

Sementara Dadan Rustandi, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kota Depok, mengatakan, hal ini akan di usulkan 2021, Ujar Dadan dengan singkat. ( Jalampong )