Hj. Nurlaely : Keberhasilan SMAN 8 Kota Depok, Berkat Kerjasama yang Baik

Iklan Semua Halaman

.

Hj. Nurlaely : Keberhasilan SMAN 8 Kota Depok, Berkat Kerjasama yang Baik

Sku Metropolitan
Selasa, 16 Juni 2020


KOTA DEPOK, METRO—Mutu pendidikan ditentukan oleh kersama antar Kepala Sekolah, Guru Tatausaha, Siswa dan orang/wali siswa. Berkat pengalaman mengikuti pembelajaran selama 2 minggu di Adelaide, Australia, atas bantuan dari Jawa Barat, study banding ke Swiss dan Jepang.
Hasil pengalaman saya selama disana, disampaikan kepada guru-guru dan siswa untuk memotivasi mereka, Ujar Nurlaely.

SMA Negeri 8 Depok adalah salah satu Sekolah Menengah Atas yang berada di Kota Depok  yang saat ini baru berusia 9 tahun. Berdiri pada tahun 2011, beralamat di Jln Nasir no 84 Cilodong, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.
Sekolah yang dipimpin, Dra.Hj. Nurlaely.Mpd, dengan sistim pembelajaran kurikulum 13, status sekolah adalah Akreditasi A. Memiliki siswa 1147 siswa, dengan jumlah 30 rombongan belajar dan memiliki tenaga pengajar ASN 27 orang, guru honorer 28 orang, dan non guru 15 orang.
Walaupun sekolah ini tergolong usia muda, namun prestasinya tidak kalah dengan sekolah lainnya yang sudah lebih dulu berdiri, baik akademik maupun non akademik. Ratusan piala yang tersimpan rapi di lemari sekolah menandakan sekolah ini banyak mendapatkan torehan prestasi.
Wakil kepala sekolah Bagian Humas, Drs Sugiarto, mengatakan, walaupun belum bisa disejajarkan prestasinya dengan SMA lainnya yang terlebih dahulu berdiri, tetapi prestasi akademik dan non akademik SMAN 8 patut dibanggakan, karena setiap tahunnya cenderung meningkat, tandasnya, ketika ditemuin di ruangannya, senin, ( 15/6 ).
''Tahun ini, ada 15 orang yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) yang masuk melalui jalur undangan yang  tahun sebelumnya hanya 11 orang , ada tambahan,'' Ujar Sugiarto.
Sugiarto menambahkan, dari sisi Non akademik SMA Negeri 8 ini juga tidak kalah mentereng dari SMA lainnya. Karena hampir di setiap upacara hari senin selalu ada piala kejuaraan yang diserahkan, sambungnya.
Dari deretan prestasi tersebut, tidak lepas dari kinerja yang luar biasa dari seorang kepala sekolah Dra.Nurlaely. Mpd, yang menjadikan SMAN 8 ini tidak lagi dipandang sebelah mata.
Menurut Nurlaely, ketika ditemui kesekolahnya, keberhasilan itu adalah berusaha untuk menjadi teladan. Dengan cara datang pagi, sambut siswa dan berkeliling sekolah memastikan sarana buat pembelajaran baik. Tetap memantau guru-guru mengajar, berkomunikasi dan berintraksi yang sehat dengan warga sekolah.
Ketika ditanya, apa kiat-kiat yang dilakukanyanya untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Nurlaely mengatakan, harus diawali dengan rekrutmen guru-guru melalui tes mengajar dan wawancara. Mengadakan pelatihan-pelatihan untuk guru dan tenaga administrasi sekolah. Satu tahun, paling tidak 3 sampai 4 kali mengadakan study banding ke sekolah lain dengan warga sekolah, sebutnya.
Terkait fisik sekolah, menurut Nurlaely, butuh kerja keras menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Misalnya, orang tua siswa, swasta melalui Csr dan BUMN,  dengan cara membuatkan proposal, minta bantuan kepemerintah pusat maupun daerah, ujar Nurlaely.
Nurlaely, menambahkan, baru-baru ini SMAN 8 Depok dinobatkan menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional dari jenjang SMA, yang mendapatkan sertifikat dari kementrian lingkungan hidup.
Menurutnya, apa yang diraih sekolahnya tersebut adalah buah manis dari proses yang panjang dalam pencanangan program-program yang berkaitan pebentukan karakter yang cinta lingkungan, karena prosesnya dimulai secara berjenjang.
Punya lahan yang luas mendapatkan keberuntungan tersendiri bagi sekolah ini, yang sebahagian lahannya boleh dimamfaatkan untuk lahan Arboretum.  Dengan menanam berbagai pohon yang produktif, seperti mangga, rambutan, jambu dan pohon lainnya yang tumbuh subur dan rindang.
Belum lagi pengaturan tata ruang yang mampuni, membuat pemandangan disana kelihatan asri dan indah dipandang mata. Yang kalau kita bermain kesana, rasanya tidak ingin meninggalkan sekolah ini cepat-cepat.( Jalampong R )