Pra Pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi 2020 Berakhir 30 Juli

Iklan Semua Halaman

.

Pra Pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi 2020 Berakhir 30 Juli

Kamis, 25 Juni 2020
Seketaris Dinas Pendidikan  (Disdik) Kota Bekasi Uu Saeful Mikdar/Fhoto Martin

KOTA BEKASI, METRO - Pemerintah Kota Bekasi memperpanjang masa pra pendaftaran Penerimanaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang awalnya tanggal 08 – 13 juni  menjadi 8 -30 Juni 2020. Waktu para pendafaran yang tinggal  sisa tiga hari tersebut agar dimanfaatkan masyarakat semaksimal mungkin. Sementara

Sebelumnya, Dinas Pendidikan sebagai pengelola sudah menyiapkan operator di setiap kecamatan yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan catatan sipil dan Dinas Sosial untuk mempercepat proses pelayanan, agar masyarakat tidak ada yang merasa tidak dilayani dan semacamnya.

“Dinas Pendidikan bekejasama dengan Disdukcapil, Dinas sosial di Kecamatan  disiapkan operator untuk mempermudah guna memberikan pelayananan  kepada calon peserta didik  yang ingin melakukan proses verifikasi saat para pendafaran PPDB online,  tinggal 3 hari lagi ,” kata Seketaris Dinas Pendidikan  (Disdik) Kota Bekasi Uu Saeful Mikdar, kepada  Metropolitan  di ruang kerjanya,Rabu (24/6).

Uu menjelaskan,  salah satu tahapan dalam PPDB ini ada adalah sosialisai, pengumuman dan sebagainya, kedua adalah Pra Pendaftaran untuk koneksitas data calon siswa ke sistem.

“Kalau perserta tidak mengikuti tahap Pra Pendaftaran, maka perserta tidak bisa mengikuti ke tahap yang ketiga yaitu pendaftaran,”kata Uu.

Selanjutnya, pada pra pendaftaran, operator akan melakukan verikasi document calon perserta. Setelah dinyatakan lolos maka akan mendapatan  kode token Ativasi  ke situs SIAP PPDB Kota Bekasi.

“Nah disinilah kendalanya, saat melakukan Aktivasi mungkin masyarakat terkendala untuk melakukan langkah selanjutnya, tentu ini perlu kesabaran dan ketelitian dan memfaatkan waktu untuk berkosultasi dengan operator Dinas pendidikan yang ada dikecamatan,” tutur Uu.

Uu menyebutkan, bahwa PPDB ini merupakan hajat orang banyak, akan tetapi, layanan operator pra pendaftaran harus ditutup tanggal 30 juni 2020 pada jam 12.00.

Meski demikian, dia  tetap  meminta perserta didik baru agar melakukan pendaftaran taggal 1 -4 juli  dari rumah secara online. Namun, Ia  sudah meminta kepada Kepala sekolah, Wali Siswa/i, Operator setiap sekolah, untuk  melayani peserta didik baru yang masih terkendala melakukan aktivasi akun ataupun terkedala dalam melakukan tahapan pendaftaran memilih sekolah  pada tanggal 1-4 juli 2020 nanti.

“Masa Pra pendaftaran, pelayanan yang telah kita buat semaksimal mungkin, Dengan pelayanan tersebut mudah-mudah masyarakat tidak ada yang terzolimi ,” ucap Uu.

Kata Uu, persentasi penerimaan peserta didik  baru tidak semuanya bisa diterima ke sekolah Negeri.  Peserta yang tidak lolos seleksi  dapat memilih sekolah Swasta. Akan tetapi yang  perlu disadari oleh masyarakat, kebijakan tidak pernah bisa memuaskan masyarakat, pasti ada pro dan kontranya. Termasuk PPDB di Kota Bekasi.

“Penerima peserta didik baru , ada yang diterima dan ada yang tidak bisa diterima di sekolah Negeri.  Tentu dibutukah ke Iklasan wali peserta didik ,sebab kebijakan tidak bisa s  memuaskan orang perorangan, namun Kebijakan itu, lebih mementingkan orang banyak, ” pungkasnya Uu. ( Martinus)

Baca berita :
Mabes Polri Dalami Kasus Dugaan Penyelewengan Dana PKH di Desa Sukakerta
Wali Kota Bekasi Ucapkan Hari Bhayangkara Dan Dukungan WBK WBBM
Pemkab Bekasi Teken Kesepakatan Bersama Pembangunan Pasar Induk Cibitung
Revitalisasi Pasar Induk Cibitung Akan Usung ‘Konsep Nol Limbah’
Pengadilan Tolak Pengajuan Banding Tomtom Dabbul Qomar