Waspadai DBD, Beberapa SD Di Depok Lakukan Penyemprotan Fogging

Iklan Semua Halaman

.

Waspadai DBD, Beberapa SD Di Depok Lakukan Penyemprotan Fogging

Sku Metropolitan
Jumat, 26 Juni 2020

KOTA DEPOK, METRO--- Beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, melakukan penyemprotan Fogging  secara bersama sama, Kamis, (26/6/2020).
Langkah tersebut adalah bentuk antisipasi peyebaran penyakit yang di timbulkan nyamuk Aedes aigypti yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat ini telah menyebar dibeberapa wilayah.

Adapun sekolah yang dimaksud adalah SD Negeri Sukamaju 1, SD Negeri Sukamaju 6 dan SD Negeri sukamaju 10  dimana ketiga sekolah tersebut sama-sama berlokasi dilingkungan  Kecamatan Cilodong.

Penyemprotan yang berlangsung mulai dari pagi hari hingga siang diinisiasi oleh Sekretaris Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Penjara Kota Depok, Gerry Saragih dkk.
Menurut Tita Rosita selaku Kepala sekolah SD Negeri Sukamaju 1, Penyemprotan tersebut merupakan insiatif sekolah agar lingkungan sekolah bebas dari sarang nyamuk, termasuk nyamuk Aedes aigypti.
 ''Kita harus waspada akan datangnya wabah Demam Berdarah Dengue yang saat ini mulai melanda beberapa daerah. Kebetulan ada yang memfasilitasi, yaitu Mas Gerry dan kawan-kawan dari Lembaga Swadaya Masyarakat yang dengan suka rela melakukan penyemprotan sekolah ini'' ujar Tita.
Mudah-mudahan setelah penyemprotan hari ini, sekolah ini menjadi steril dan bebas dari sarang nyamuk yang dikenal dengan keganasannya ini, karena penyakit yang dibawa oleh nyamuk ini tidak sedikit bahkan sudah banyak makan korban.
Kami sangat berterimakasih banyak kepada mas Gerry dan kawan-kawan yang sudah bersedia membantu penyemprotan fogging hari ini di sekolah SDN Sukamaju 1, berharap setelah fogging hari ini sekolah steril dari nyamuk Aedes aigypti.
Sama seperti Kepala Sekolah Tita dari SDN Sukamaju Baru 1, Kepala sekolah SDN Sukamaju 6 Lia Nurlia juga sangat menyambut baik insiatif dari Mas Gery dan kawan-kawan yang mau dengan suka rela memfasilitasi penyemprotan di sekolah ini.
Menurut Lia, sebelumnya penyemprotan sudah dua kali dilakukan di SDN Sukamaju 6 ini, yaitu  penyemprotan wabah Covid 19  beberapa waktu lalu oleh Pemerintah setempat dan Palang Merah Indonesia (PMI).
Penyemprotan fogging hari ini adalah yang ketiga kali dalam kurun waktu 4 bulan, semenjak mewabahnya Covid 19 di tanah air.
"Semua yang kami lakukan adalah langkah antisipasi agar warga sekolah terbebas dari penyakit-penyakit berbahaya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati " imbuhnya.
Selain SDN 06 Sukamaju, hal yang sam juga dilaksanakan SDN Sukamaju 10, Afrizal, mewakili Sekolah SDN Sukamaju 10 yang mengatakan, kegiatan penyemprotan ini adalah insiatif dari sekolah, tujuannya adalah untuk mensterilkan sekolah dari segala bentuk penyakit menular dan terbebas dari penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk tersebut, ujarnya.
Orang tua siswa yang mengetahui dan melihat langsung kegiatan inipun sangat mengapresiasi insiatif pihak sekolah yang cepat mengambil kebijakan dan segera melakukan upaya  pencegahan penyakit yang ditimbulkan nyamuk dengue ini. Langkah yang diambil oleh Kepala Sekolah ini dinilai sangat tepat, karena tanggap dan segera berinisiatif sebelum penyakit ini muncul. (Jalampong R)