Diduga Selewengkan Pembayaran PBB, RT dan RW Polisikan Kadus

Iklan Semua Halaman

.

Diduga Selewengkan Pembayaran PBB, RT dan RW Polisikan Kadus

Sku Metropolitan
Rabu, 15 Juli 2020

KAB.BANDUNG, METRO- Sejumlah Ketua RT dan RW  di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, mendatangi Mapolresta Bandung di Soreang, Rabu (15/7).

Mereka membuat pengaduan masyarakat karena, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang selama ini dibayarkan Wajib Pajak, melalui Kepala Dusun (Kadus) tidak sampai ke kas Bapenda Kabupaten Bandung.

Kejadian tersebut terungkap karena adanya program PBB gratis tahun 2020 dengan syarat PBB tahun sebelumnya harus lunas.

Ketika warga beramai ramai mendatangi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di Soreang, mereka tercengang karena PBB tahun tahun sebelumnya dinyatakan belum lunas oleh Petugas Bapenda Kab. Bandung. Padahal ribuan wajib pajak telah membayar lunas melalui Kadus masing masing beserta upah pungutnya sekaligus.

Hal tersebut menimbulkan reaksi dari para wajib pajak PBB, yang berbondong bondong mendatangi RT dan RW masing.

Kandi ketua RW 9, dirinya merasa kecewa dengan kejadian ini, dimana warganya yang telah taat membayar PBB melalui Kadus, namun menurut data pengecekan dari Bapenda dinyatakan menunggak hingga 10 tahun.

“Sudah lebih dari 3 kali  diadakan musyawarah di Balai Desa yang dihadiri oleh perangkat desa, para ketua RT dan RW beserta tokoh masyarakat, namun gagal mencari jalan keluarnya. Untuk bisa melunasi tunggakan PBB harus ada pelunasan ke pihak Bapenda,  warga bersikukuh telah membayar PBB tahun sebelumnya kepada kadus disertai tanda terima pelunasan,” kata Sukmana,  tokoh masyarakat setempat, Rabu 15 Juli 2020.

“Harapan warga agar pihak berwajib memberi perhatian atas permasalahan tersebut,” ujar, Sukmana.  (Supriyanto)