SMAN 1 Kota Depok Gelar Pisah Sambut Kepsek

Iklan Semua Halaman

.

SMAN 1 Kota Depok Gelar Pisah Sambut Kepsek

Sku Metropolitan
Selasa, 21 Juli 2020

KOTA DEPOK, METRO-- Usai dilantik oleh Gubernur Jawa, Barat Ridwan Kamil, bersama ratusan  kepala sekolah SMA se Jawa Barat 10/7 yang lalu, beberapa kepala sekolah SMA Negeri di Depok lakukan pisah sambut dari kepala sekolah yang lama kepada kepala sekolah yang baru. Salah satunya adalah kepala sekolah SMAN 1 yang sebelumnya, Drs.Supiana, kepada kepala sekolah yang baru, Usep Kasman Mpd, di ruang pertemuan SMAN 1 Depok, Senin ( 20/7/20 ).
Dengan mengikuti protokol kesehatan, pisah sambut dIhadiri oleh kepala seksi wilayah II, pengawas SMA Negeri 1 Depok, para guru-guru dari kedua sekolah (SMAN 1 dan SMAN 12 ), karena sebelumnya, Usep Kasman, kepala sekolah SMA Negeri  12 Depok, sementara Supiana saat ini didaulat memimpin di SMAN 7 Depok.

Supiana dalam sambutannya menyampaikan kilas balik perjalanan karirnya, hingga di angkat menjadi kepala sekolah di SMAN 9 Depok  pada tahun 2013, dan menjadi kepala sekolah di SMAN 1 yaitu pada tahun 2017.

Dia mengaku, awal dirinya diangkat menjadi kepala sekolah di SMA Negeri 1 Depok, sempat dihinggapi rasa bingung, membayangkan ditempat barunya, ibarat menahkodai sebuah kapal pesiar yang sangat mewah dan fasilitas yang sangat lengkap, dengan berfikir kira-kira apa yang dilakukannya, ungkap Supiana.

Menurut supiana, sekolah ini bisa dilihat seperti sekarang ini adalah karena adanya kebersamaan. Betapa pentingnya arti kebersamaan yang dibangun untuk mencapai satu tujuan, sebab dengan kebersamaan kita bisa merintis kembali. Alhamdulilah SMA Negeri 1 bisa mencapai prestasi itu adalah hasil karya sebuah kebersamaan,  berharap dan berpesan agar kebersamaan itu tetap dijaga. Dengan kebersamaan, seberat apapun masalah akan bisa dihadapi semoga SMAN 1 tetap berprestasi, tuturnya.

Dalam kesempatan itu Supiana mengutarakan prestasi  prestasi yang diraih SMAN 1. Menurutnya, prestasi yang di raih bukan saja prestasi dalam negeri saja, akan tetapi prestasinya telah diakui dunia Internasional, karena acapkali siswa-siswi SMAN 1 menjadi wakil Indonesia di ajang lomba Olimpiade Sains Nasional ( OSN ).

Kemudian pada tahun 2017 sekolah ini berhasil mendapatkan nilai UN rata rata 93, pencapaian yang belum pernah didapat sebelumnya. Dan pada tahun 2019, 162 lulusanya berhasil masuk UI dan selebihnya masuk PTN lainya, 90% lebih dari jumlah kelulusan saat itu, jelas Supiana.

Saat ini kata Supiana, Untuk pencapaian kompetensi kurukulum, SMA Negeri 1 adalah peringkat 1 di Kota Depok, masuk peringkat 7 se Jawa Barat dan peringkat 1 untuk SMA Negeri se Jawa Barat serta urutan 19 SMA terbaik dari seluruh Indonesia.

‘’Saya percaya kepada pak Usep sebagai kepala sekolah yang baru di SMA Negeri 1 agar terus mempertahankan pencapaian prestasi tersebut. Kuncinya adalah kebersamaan, saya yakin kapasitas yang dimiliki pak Usep tidaklah diragukan dalam hal itu. Tapi sehebat apapun kemampuan kepala sekolah tanpa kebersamaan semua akan sia sia’’, pesan Supiana.

Sementara Usep Kasman yang kini menjadi kepala sekolah di SMAN 1 mengatakan, bahwa apa yang dikatakan oleh pak Supiana dalam membangun sekolah, perlu adanya kebersamaan adalah tepat.

 ‘’Saya bisa tangguh memimpin disini adalah karena ada kebersamaan, dengan kebersaman  diantara kita akan  membuat sekolah ini  lebih baik. Selain itu perlu komitmen yang jelas, kemandirian untuk terus berkembang dan belajar serta refleksi kita untuk mau menerima saran saran, perlu adanya kolaborasi guru-guru, tata usaha dan komite sekolah untuk memajukan sekolah lebih maju lagi. Mudah mudahan apa yang dipesankan pak Supiana kepada saya bisa terlaksana, dan saya ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru,’’ tandasnya.

Mudah mudahan Tuhan yang maha kuasa memberi petunjuk kepada saya agar diberi kekuatan untuk bisa memimpin SMA Negeri 1 ini, untuk meneruskan karya karya yang terdahulu. ‘’Saya akan mengajak semua pihak, rekan guru dan komite sekolah untuk bersama sama membagun sekolah ini untuk lebih maju, pinta Usep. ( Jalampong R )