Pemkab Bekasi Ikuti Peringatan Hari OTDA Ke XXV Secara Virtual

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bekasi Ikuti Peringatan Hari OTDA Ke XXV Secara Virtual

Sku Metropolitan
Sabtu, 01 Mei 2021




KAB.BEKASI, METRO –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengikuti kegiatan Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXV tahun 2021 secara virtual pada Pada Senin 26 April 2021. Di Gedung Command Center Diskominfosantik Cikarang Pusat.

Adapun Tema Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 yaitu Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong-Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia maju.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma`ruf Amin dan juga turut memberikan sambutan yaitu Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian.

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma`ruf Amin, mengatakan, pentingnya memperingati Hari Otonomi Daerah, untuk menjadi momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang akan dihadapi pemerintahan daerah di masa yang akan datang.

Secara filosofis kebijakan Otonomi Daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dengan memindahkan locus pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintahan daerah.
"Disertai pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri,” ujar Wapres yang disiarkan langsung dari Pendopo Rangga Hadi Negoro.
Wapres melanjutkan bahwa penyelenggaraan OTDA juga bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Serta, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarkat.

Sementara itu, Mewakili Bupati Bekasi, Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1) Yana Suyatna mengatakan, akan berupaya menjadikan Pemkab Bekasi menjadi daerah berdaya saing dan mampu menghadapi berbagai situasi.

"Bahwa dengan otonomi daerah ini kedepan kita akan membuat suatu formula atau rumusan bagaimana sistem pemerintahan diindonesia menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

Menurutnya, selama ini ada beberapa asas yang kita ketahui seperti desentralisasi,dekonsentrasi dan ada beberapa urusan yang dilimpahkan kepada daerah. (Ely/Martinus)